1bca1a23-13f9-426d-a421-bec762b42fa1

Tanggal2022-08-01
Rincian KegiatanProgram Kampus Mengajar merupakan salah satu program flagship dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Program Kampus Mengajar adalah program yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar kelas dengan menjadi mitra guru dalam proses pembelajaran di tingkat pendidikan dasar. Dengan mengikuti kegiatan Kampus Mengajar, mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk mengasah soft skills dan karakter, serta mendapat pengalaman mengajar yang dapat diakui dalam bentuk satuan kredit semester (sks)

Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 4, Mahasiswa bertanggung jawab dan menyusun kegiatan dan program kerja yang dapat membantu kegiatan belajar mengajar khususnya bidang literasi dan numerasi, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi sekolah. adapun tempat penugasan kami di SMP It Al Inabah yang berada di kota Ponorogo 
Evaluasi- kurang aktif nya proses pembelajaran
- kurangnya sarana untuk meningkatkan literasi siswa, seperti perpustakaan dan taman baca 
- kurangnya penguasaan tekologi 
Tindak Lanjut- Pada program kegiatan mengajar di SMP IT AL-INABAH memberi hasil dan efek yang sangat positif. Siswa-siswi dan bisa belajar lebih memahami pelajaran dengan metode mengajar yang kami terapkan. Salah satu metode yang mereka sukai adalah metode membuat peta konsep. Metode ini membutuhka dua keterampilan, pertama mampu merangkum dengan singkat, padat, dan jelas namun harus menarik lalu kedua kreatifitas dengan membuat seunik atau sebagus peta yang dibuat. Dengan adanya metode seperti itu siswa-siswi mengeluarkan bakat-bakat nya yang tidak diketahui sebelumnya, dan pembelajaran tidak membosankan.

- Meningkatnya teknologi di era globalisasi yang serba modern ini bisa kita terapkan pada dunia oendidikan sebagai fasilitas lebih dan serba canggih untuk memperlancar proses pembeljaran yang disampaikan. Disini pentingnya teknologi untuk selalu diikuti perkembangannya. Penggunaan teknologi terbukti dapat meningkatkan minat belajar anak karenaa tampilan yang lebih menarik sehingga akan terhindar dari rasa jenuh selama mengikuti pelajaran. Seperti di Indonesia yang sebagian besar sekolah belum menggunakan teknologi dalam pendidikan. Teknologi di SMP IT AL-INABAH sudah sangat cukup, hanya saja tidak ada guru yang menguasai tentang teknologi sehingga tidak digunakan dengan maksimal. Hal ini ini membuat memberi pengetahuan tentang adaptasi teknologi. Adaptasi teknologi yang di berikan kepada siswa-siswi SMP IT AL-INABAH adalah memberi materi dan mempraktekkan Microsoft Word.

- Mahasiswa peserta Kampus Mengajar jika membuat program membantu persiapan akreditasi sekolah harus lebih teliti dalam pengumpulan dokumen persiapan akreditasi.
Menulis setiap langkah atau kebutuhan berkas-berkas yang diperlukan agar mempermudah ketika pengumpulan berkas.
 
Catatan Pembimbing(not set)
Updated At2023-08-10 21:21:34
Created At2023-08-10 21:21:34